Pentingnya Keterhubungan Pelabuhan dengan Jalur Angkutan Logistik Cegah Maraknya Truk ODOL

06-07-2024 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo saat Kunjungan Kerja Spesifik ke Makassar New Port, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (5/7/2024). Foto: Wilga/vel

PARLEMENTARIA, Makasar - Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo menilai pentingnya pelabuhan-pelabuhan nasional terhubung dengan angkutan logistik, terutama dengan jalur kereta api. Menurut Sigit, jika hal ini dapat dilakukan oleh pemerintah maka akan berdampak juga pada penurunan biaya angkut logistik hingga terhindar dari kerusakan-kerusakan jalan yang disebabkan oleh truk-truk angkut yang ODOL (Over Dimension, Overload).

 

“Nanti kalau jalan raya rusak, jalan arteri rusak misalnya. Jembatan (bisa) ambruk karena overload. Akhirnya truk-truk itu akan lewat jalan kabupaten. Hancur lagi jalan kabupaten”

 

“Mulailah berpikir tentang konektivitas yang lebih holistik, menyeluruh. Kalau bisa, pelabuhan-pelabuhan nasional itu terhubung dengan angkutan logistik. Aksesnya gampang dicapai oleh angkutan logistik. Termasuk gampang dicapai oleh kereta api. Karena kita berharap ke depan itu tidak ada lagi ODOL (Over dimension, overload). Truk-truk logistik itu kalau bisa ‘dibuang’ ke laut atau ke kereta,” kata Sigit saat ditemui Parlementaria usai Kunjungan Kerja Spesifik ke Makassar New Port, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (5/7/2024).

 

Menurut Politisi Fraksi PKS ini, truk ODOL tersebut sudah cukup meresahkan dan diduga menjadi penyebab rusaknya jalan-jalan menuju arah pelabuhan. “Dan itu mestinya teorinya, biayanya lebih murah daripada dia jalan-jalan di jalan raya. Yang menghancurkan jalan itu kan truk-truk odol itu karena tonasinya melebihi kapasitas jalan,” sambungnya.

 

Legislator Dapil Jawa Timur I ini menilai, jika truk-truk ODOL tersebut terus dibiarkan melanggar aturan akan menimbulkan efek domino negatif yang besar bagi masyarakat setempat. “Lebih murah. Iya, mestinya lebih murah. Karena biaya angkutan truk di jalan itu menimbulkan efek domino yang besar, (yaitu) rusaknya jalan. Nanti kalau jalan raya rusak, jalan arteri rusak misalnya. Jembatan (bisa) ambruk karena overload. Akhirnya truk-truk itu akan lewat jalan kabupaten. Hancur lagi jalan kabupaten,” pungkasnya. (we/rdn)

BERITA TERKAIT
Biaya Transportasi Tinggi, Komisi V Dorong Desain Ulang Integrasi Moda Transportasi
06-08-2025 / KOMISI V
PARLEMENTARIA, Jakarta - Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras berpandangan tingginya biaya transportasi yang dialami masyarakat...
Zero ODOL Berlaku 2027, Syafiuddin Minta Pemerintah Lakukan Sosialisasi Masif
05-08-2025 / KOMISI V
PARLEMENTARIA, Jakarta - Anggota Komisi V DPR RI Syafiuddin, menyatakan dukungan penuh terhadap kebijakan penerapan zero Over Dimension Over Loading...
Saadiah Tegaskan Pentingnya Ketahanan Air di Wilayah Kepulauan
04-08-2025 / KOMISI V
PARLEMENTARIA, Jakarta - Anggota Komisi V DPR RI, Saadiah Uluputty melakukan kunjungan kerja ke Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku, Sabtu...
Jembatan Pulau Balang yang Akan Jadi Rest Area Harus Fokus Pada Keselamatan
30-07-2025 / KOMISI V
PARLEMENTARIA, IKN – Jembatan Pulau Balang di Penajam Paser Utara (PPU), yang menjadi penghubung vital antara Kota Balikpapan dan Kawasan...