Pengaduan Online Upaya Sempurnakan Sistem Pengaduan

23-05-2011 / LAIN-LAIN

Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan launching webiste layanan informasi publik, sms pengaduan maupun websitenya  merupakan upaya DPR dalam menyempurnakan sistem yang ada.

"Saya ingin adanya perubahan di masyarakat karena selama ini pengaduan sedikit karena memang gatenya banyak sehingga tidak direcord bahkan saya tanya kepada bu sekjen mengapa laporan pengaduan masyarakat ujungnya dimana,"tanyanya saat Launching website Layanan Informasi Publik, sms pengaduan maupun websitenya, di Gedung Operatioan Room, Senin, (23/5).

Dia mengatakan, sebelumnya dirinya sudah meminta Ibu sekjen DPR, agar segera membuat laporan masyarakat sehingga sesuai dengan semangat slogan "masyarakat mengadu DPR merespons"

"Melalui sistem informasi maka aspirasi dapat disampaikan melalui berbagai pintu,  bisa melalui surat, datang langsung, sms maupun dengan website. Jadi orang papua tidak perlu datang untuk mengadu," jelasnya.

Yang melapor, terangnya, bisa mengikuti sejauhmana respons DPR karena  ada disposisi ke Komisi-komisi. "Kita bangun sistem dan subsistemnya. Setelah itu sosialisasi kepada alat kelengkapan dan itu merupakan  suatu kewajiban, respons jelas langsung masuk database,"
Paparnya.

Kita, lanjutnya, harus mendorong digalakkannya sosialisasi dengan mengundang alat kelengkapan sehingga ada yang respons.

"kita dorong DPR ini dengan sistem sehingga ada malunya karena DPR ini merupakan pilar demokrasi makanya harus dipastikan tetap berdiri tegak dan terbangunnya sistem check and balances," katanya.

Di era demokrasi sekarang ini media selalu menghantam DPR karena itu kita  harus  maju dengan argumentasi yang pintar dan cerdas." Segera panggil sekretariat alat kelengkapan yang tidak melaksanakan pecat saja bu sekjen," ujarnya.

Ini perlu waktu dan komitmen kita dalam menghadapi zaman. " Layanan informasi publik online merupakan langkah DPR menghadapi keterbukaan jadi ada hak publik yang harus diberikan oleh DPR," papar Marzuki.

Dia menambahkan, petugas layanan informasi publik harus paham aturan dan UU sehingga dapat memberikan penjelasan yang tepat kepada peminta informasi seperti LSM.

Dia menjelaskan hal tersebut merupakan tekad DPR sebagai bentuk representasi dan mendekatkan diri dengan masyarakat. "Ini bukti reformasi yang kita lakukan kita sadari betul lemahnya DPR ini bagian kecil konsep besar dalam melakukan perubahan bagi DPR," ujarnya.

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pengaduan masyarakat dapat mengakses  http ://pengaduan.dpr.go.id, dan dapat mengirim SMS aspirasi DPR RI ke 08119443344. Sementara untuk pelayanan informasi publik online DPR RI dapat mengakses, http : //ppid.dpr.go.id. (si)/foto:iw/parle.

BERITA TERKAIT
Penataan Tambang Wasirawi Mampu Cegah Konflik di Papua Barat
24-08-2025 / LAIN-LAIN
PARLEMENTARIA, Manokwari - Aktivitas pertambangan ilegal di kawasan Wasirawi, Papua Barat, dinilai menjadi salah satu pemicu konflik di Papua. Anggota...
Penertiban Tambang Wasirawi Dapat Lewat Koperasi Merah Putih
24-08-2025 / LAIN-LAIN
PARLEMENTARIA, Manokwari - Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Yan Permenas Mandenas, menegaskan perlunya penataan tambang Wasirawi di Papua Barat...
Skema Tunjangan Tunai Lebih Efisien Dibandingkan Fasilitas Rumah Dinas
20-08-2025 / LAIN-LAIN
PARLEMENTARIA, Jakarta — Anggota DPR RI Ahmad Sahroni menjelaskan alasan pemberian tunjangan rumah sebesar Rp50 juta per bulan kepada anggota...
Apresiasi Komitmen Presiden Bangun Patriotisme Sejak Dini Lewat Sekolah Rakyat-MBG
05-08-2025 / LAIN-LAIN
PARLEMENTARIA, Jakarta - Anggota DPR RI Herman Khaeron mengapresiasi langkah Presiden Prabowo yang dinilai telah menunjukkan komitmen nyata dalam membangun...